My Personal Guide

Sabtu, 18 Juni 2016

Clash Royale Balance Changes (6/21)

Clash Royale akan melakukan update pada tanggal 21 Juni mendatang. Update tersebut akan berupa buff ataupun nerf pada troop-troop tertentu. Biasanya nerf dilakukan pada troop yang bisa terbilang OP (OverPower) dan buff dilakukan pada underrated troop.



Hog Rider
Hog Rider mengalami nerf yaitu dengan mengurangi 6% damage dari damage semulanya. Sebagai contohnya, Level 7 hog rider yang mempunyai damage 281 dalam sekali gebuknya akan menjadi kisaran 264 dalam 1x hitnya. Hal ini dilakukan karena sudah terlalu banyak player yang menggunakan hog cycle deck. Pengalaman saya sendiri bermain dalam 5 match, 3 di antaranya menggunakan deck hog. Hog cycle deck pada umumnya menggunakan kombo hog+minions, hog+goblins, hog+poison, hog+valkyrie, hog+zap ataupun hog+freeze.


Prince
Prince mengalami buff yaitu dengan bertambahnya damage prince sebesar 9%. Sebagai contoh level 1 prince yang mempunyai damage 220 dalam 1x hit (saat charge = 440) akan bertambah menjadi 240 ( charge = 480). Prince sudah kurang digemari karena update sebelumnya yang menurunkan speed prince sebesar 13%. Namun pada update ini, damagenya dinaikkan kembali yang akan memperbanyak deck pekka double prince. Deck pekka double prince terdiri dari P.E.K.K.A, prince, dan dark prince yang dapat sangat mematikan jika tidak didefend dengan benar.


P.E.K.K.A
P.E.K.K.A mengalami buff juga yaitu bertambahnya damage sebesar 8%. Penambahan damage yang sinergis dengan prince sehingga memperkuat deck pekka double prince. Damage level 1 P.E.K.K.A dari 450 akan bertambah menjadi 486 1x hitnya. Darahnya yang tebal dapat menjadikannya sebagai tank yang dapat disupport dengan witch, wizard atau musketeer. Kelemahan P.E.K.K.A adalah jalannya yang lambat dan mudah dialihkan dengan menaruh troop-troop kecil di sekitar pekka, maka pekka akan berganti target ke troop tersebut.


Goblin Barrel
Goblin Barrel adalah kartu epic yang dapat digunakan dimana pun dalam suatu arena. Goblin Barrel akan melontarkan suatu gentong yang jika mendarat akan menghasilkan 3 goblin. Umumnya dipakai untuk menghabiskan crown tower yang sisa darahnya tinggal sedikit. Goblin Barrel mendapatkan nerf yaitu mengurangi deploy timenya dari 1.2 detik menjadi 1 detik. Hal ini terbilang cukup menarik karena goblins dapat menyerang 1x sebelum dizap atau di arrow oleh musuh.


X-Bow
X-Bow dapat di-unlock di arena 3 (Barbarian Bowl). X-Bow merupakan building dengan range terpanjang selain mortar yang dapat menyerang dari area spawn troop kita sendiri (1 tile dari jembatan tengah). Memiliki range sebesar 12 tiles sangat membuat X-Bow semakin susah untuk dihancurkan. X-Bow mendapat buff karena di update sebelumnya mengalami nerf HP dan rangenya dari 13 menjadi 12. Durasi spawn untuk X-Bow dikecilkan dari 5 detik menjadi 4 detik, serta HP nya ditambah sebesar 18%. Untuk level 2 X-Bow HPnya bertambah dari 935 menjadi 1103 (Jika diberi lightning level 2, maka hanya mengurangi 2/3 dari HP X-Bow tersebut karena damage lightning level 2 hanya 715).


Mortar
Mortar dapat di-unlock di arena 6 (Builder Workshop). Mortar sama seperti X-Bow yang merupakan building dengan range terjauh di clash royale. Pada update sebelumnya mortar mendapat nerf penaikkan durasi spawnnya dari 3 detik menjadi 5 detik. Pada update tanggal 21 nanti, durasi spawn tersebut akan turun dari 5 detik menjadi 4 detik. Hal ini dilakukan dengan tujuan memperbanyak penggunaan mortar di deck-deck tertentu, terutama di royal arena dan legendary arena.


Furnance
Furnance adalah building yang menghasilkan 2 fire spirit setiap 10 detik. Fire spirit tersebut akan bergerak menuju musuh terdekat dan meledakkan diri serta memberi damage splash pada troop musuh. Penaikkan lifetime furnance dari 40 detik menjadi 50 detik akan menghasilkan  2 spirit tambahan. Dengan 50 detik lifetime, maka akan menghasilkan 9 fire spirit (pada detik sebelum lifetimenya habis, furnance hanya menghasilkan 1 fire spirit maka hanya akan terbentuk 9 fire spirit secara keseluruhan).


Guards
Guards adalah troop yang memiliki shield. Kartu dengan cost 3 elixir ini akan menghasilkan 3 skeleton yang membawa perisai. Perisai tersebut memiliki efek sama seperti perisai dark prince, yaitu memblock damage agar skeleton tersebut tidak mati. Jika shield tersebut memiliki darah 200, walaupun diserang oleh troop yang damagenya lebih dari 200, maka shield tersebut akan pecah tetapi skeleton tidak mati. Hanya saja pada guards sebelum update, jika shield guards pecah, guards akan terdorong mundur selama beberapa saat. Update 21 Juni ini bertujuan menghapus efek terdorong mundur tersebut.


Witch
Witch adalah troop yang dapat menghasilkan 3 skeleton setiap 7.5 detik. Walaupun damage witch bisa terbilang kecil, tetapi dengan splashnya, ia dengan mudah dapat membunuh minion horde, skeleton army, dan goblins. Witch mendapat penaikkan pada damagenya yaitu sebesar 17%. Sebagai contohnya, Level 3 witch dengan damage 50 setiap hitnya akan menjadi 58 setiap hitnya. Hal tersebut dapat mengubah game secara drastis karena witch hanya membutuhkan 3 kali serang untuk membunuh minion (sebelum update membutuhkan 4x).


Lava Hound
Lava Hound adalah salah satu kartu legendary dari 5 legendary di clash royale. Dapat di-unlock di arena 4 (P.E.K.K.A's Playhouse). Lava Hound merupakan tanker untuk air troop. Darahnya yang sangat tebal dapat menjadi tank untuk balloon dan minion menyerang crown tower. Pada saat lava hound mati, akan disummon 6 lava pups yang dapat menyerang apapun di hadapannya. Damage lava hound ditambah sebesar 28%. Level 1 lava hound dengan damage 35 akan berubah menjadi 44 setelah update (Damage lava pups tidak berpengaruh).


Skeletons
Skeletons merupakan troop dengan elixir cost terendah di clash royale. Mendapat nerf yaitu untuk update nanti, jumlah skeleton yang dispawn hanya 3 (dituruni dari 4). Skeletons sangat berguna untuk distraction (pengalihan) untuk mini pekka, musketeer, miner, pekka, giant skeleton, sparky, dll.


Cannon
Cannon adalah building yang paling banyak dipakai untuk mengalihkan target royal giant, hog rider, golem, dll. Karena elixir costnya hanya 3, building ini sangat banyak digunakan di deck-deck sekarang. Supercell telah melakukan banyak nerf untuk building ini dari lifetimenya menjadi 30 detik serta HP nya dikurangin sedikit demi sedikit. Pada update yang mendatang, HP cannon diturunkan lagi sebesar 8%. Level 9 cannon dengan darah 805 akan berubah menjadi 740. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah player yang menggunakan cannon di dalam deck mereka.


Tesla

Tesla adalah building yang hampir sama seperti cannon, hanya saja tesla dapat menyerang air troops. Dengan elixir cost 4, tesla dapat menjadi pengganti cannon. Tesla hanya akan muncul jika ada troop lawan yang berada di sekitar range tesla tersebut. Tesla mengalami buff yaitu penaikkan HP tesla sebesar 8%. Level 9 tesla yang darahnya 890 akan naik menjadi 961. Hal ini memungkinkan banyak player akan beralih menggunakan tesla sebagai pengganti cannon.


Sumber foto : Clash Royale Wiki

Sekian untuk postingan tentang balance update ini. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar